Home » » Tutorial HTML Part 1: Pengenalan

Tutorial HTML Part 1: Pengenalan

HTML (Hypertext Markup Language) adalah bahasa pemprograman untuk membuat halaman situs / web. menurut saya HTML adalah bahasa paling mendasar di design web, tapi meskipun dasar tetap masih di gunakan oleh banyak designer web.
 
untuk membuat kode HTML kita harus menggunakan program, yaitu Notepad. tapi sebenarnya banyak sekali program yang lebih memudahkan dalam pembuatan kode HTML, seperti Notepad++, Dreamweaver, NVU, FrontPage, dll. 

langsung saja, tutorial yang pertama ini saya akan ajarkan anda tentang HTML. (saya menyarankan untuk menggunakan Notepad++, karena lebih simpel disini).
1. Buka software Notepad++
2. buatlah new file
3. ubahlah bahasa pemprogramannya, caranya pilih Language - H - HTML. maka otomatis file yang anda buat akan berbahasa HTML
4. masukan kode di bawah ini!

<html>
<head>
   <title>superturorz.blogspot.com</title>
</head>
<body>
disini adalah tempat untuk menampilkan halaman yang kita buat. tulisan ini yang akan tampil di browser kita.
</body>
</html> 

5. lalu simpanlah file dengan nama latihan1.html, saya sarankan untuk membuat direktori sendiri untuk menyimpan pembelajaran ini.

nah, pada kode <html>....</html> itu adalah format kode HTML. sedangkan <head>...</head> adalah kepala dari file HTML seperti Title, CSS, JavaScript. contoh di atas adalah kode <title>...</title> itu untuk memberikan judul halamannya. dan kode yang ini <body>...</body> adalah kode yang akan di tampilanya di web browser kita.

hasilnya akan nampak seperti ini.


semoga bermanfaat, tapi yang terpenting adalah banyak berlatih. untuk part berikutnya akan saya bahas lagi lain kali.

0 comments:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan baik, jangan mengandung sara/kata kotor/tidak sopan. karena komentar seperti itu tidak akan kami jawab. atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih